Tuesday, August 31, 2021

Tweening & Symbol


 Assalamu'alaikum Warahmatulahi Wabarokatuh.
Ok kembali lagi bersama saya, Cendana Kelabu bloger amatiran yang sedang mencari pengalaman..


Sebelumnya kita berdo'a dulu menurut kepercayaan masing-masing agar kita semua selalu diberi kesehatan, dilancarkan rizkinya dan yang sedang mencari jodoh semoga segera dipertemukan..


Puji serta syukur kita limpahkan kepada Illahi Rabbi karena berkat Nya lah kita masih diberi kesempatan untuk bernafas hingga detik ini.
Shalawat serta salam kita limpah curahkan kepada junjungan besar Nabi Muhammad Shalallahu'alaihi wa sallam.


Tidak lupa kepada para sahabatnya, para tabi'in, para tabi'ut tabi'in dan juga kepada pengikutnya di akhir jaman. Mudah-mudahan kita semua termasuk ke dalamnya.. Aamiin.

Baiklah pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Tweening, Symbol dan motion Tween pada mata pelajaran teknik animasi 2D ini.

Baiklah kita mulai dari yang pertama.

1. Tweening.

Tweening merupakan sebuah proses yang terdapat dalam aplikasi Adobe Flash untuk membuat sebuah gerakan animasi, baik berupa perpindahan posisi dari posisi 1 ke posisi yang lainnya, perubahan bentuk,  dan warna. 

Perubahan tersebut dilakukan dengan menggunakan keyframe awal dan keyframe akhir.  Di pertengahan keyframe (antara keyframe awal dan akhir) komputer mengisi frame yang kosong dengan perubahan sedikit demi sedikit hingga keyframe akhir. 

Proses ini sama halnya dengan prinsip animasi pose to pose, yang dimana sang animator hanya menggambar pose awal dan pose akhir saja. Inbetweening(antara pose awal dan akhir) digambar oleh asisten animator itu. Bedanya pada adobe flash inbetween diisi oleh komputer, sedangkan pada animasi manual diisi oleh asisten animator.

Dalam adobe flash  tweening terdiri dari 3 jenis, yaitu motion tween, shape tween, dan classic tween.

a. Motion Tween

Untuk motion tween fungsinya untuk menggerakan objek dari posisi satu ke posisi lainnya. Objek yang digerakan harus berupa symbol. Nanti kita basah apa itu syimbol.

b. Shape tween

Berfungsi untuk merubah bentuk ataupun warna dari sebuah objek. Namun untuk shape tween, objeknya tidak perlu berupa symbol.

c. Classic Tween 

          Untuk classic tween untuk melakukan perubahan menyeluruh.



2. Symbol

Di atas ada istilah Symbol, nah di sini kita akan bahas apasih symbol itu. ? Symbol merupakan bagian dalam adobe flash yang memiliki fungsi untuk memaketkan kedalam suatu objek yang nantinya akan disimpan pada perpustakaan (library). Dengan demikian kita bisa menggunakan symbol untuk kebutuhan selama pembuatan animasi berlangsung. Misal kita membuat objek kepala beruang. Pada scene berikutnya kita tidak perlu menggambar ulang objek kepala beruang itu. Cukup mencari pada perpustakaan (library)  dan kemudian drag and drop ke dalam stage.

Untuk jenisnya terdiri dari 3 jenis yakni :

a. Movie clip symbol

Digunakan untuk membuat animasi yang dapat dilakukan berulang-ulang. Movie clip memiliki time line tersendiri yang independen terhadap timeline utama. 

b. Button Symbol

Digunakan untuk membuat tombol interaktif yang merespon terhadap klik pada mouse, roller, dan sejenisnya.

c.Graphic Symbol

Digunakan untuk gambar statis yang tidak memiliki kontrol interaktif dan suara. 

Mungkin dari saya dicukupkan sekian.
terimakasih atas kunjungannya.
Semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat buat kalian semua.
Untuk kurang lebihnya mohon dimaafkan.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

 
 



No comments:

Post a Comment

Scanner part II

 Bismillaahirrahmaanirahim... Met pagi para pencari ilmu, bukan pencari perhatian dia... kali ini kita akan melanjutkan apa yang sudah kita ...